Tata Ruang Sebagai Kebutuhan

Tata ruang merupakan sistematika yang serba abstrak dan menyangkut kepentingan serta berbagai masalah lintas bidang seperti lingkungan hidup, ruang budidaya bagi kegiatan produktif, ruang mukim dan ruang mobilitas manusia, bahkan juga masalah kedaulatan negara, pertahanan dan keamanan. Dari semua hal tersebut yang cukup rumit variabelnya adalah yang menyangkut sistem tata ruang mukim manusia dan sistem ruang mobilitasnya. Hal ini lebih umum disebut sebagai tata ruang sistem kota serta sistem jaringan jalan. Demikian rumit dan penting keduanya, sehingga sering citra tentang tata ruang dimata masyarakat tercermin dari ukuran tentang apa yang dapat dihasilkan oleh sistem ini bagi kesejahteraan masyarakat.

Terdapat hubungan yang sangat erat antara masyarakat terhadap ruang sebagai wadah kegiatan. Kota sebagai tempat terpusatnya kegiatan masyarakat, akan senantiasa berkembang baik kuantitas maupun kualitasnya, sesuai perkembangan kuantitas dan kualitas masyarakat. Hal tersebut merupakan indikator dinamika serta kondisi pembangunan masyarakat kota tersebut berserta wilayah di sekitarnya. Berbagai macam usaha pembangunan di kota telah dilaksanakan di Indonesia selama ini. Namun secara umum diketahui pula bahwa dibalik hasil pembangunan fisik kota yang menunjang kesejahteraan masyarakat, terdapat pula dampak pembangunan yang merugikan kehidupan (fisik dan psikhis) masyarakat.

Berkurangnya lahan pertanian dan lahan hijau, banjir-banjir lokal, galian-galian pipa dan kabel yang tidak kunjung selesai dan lain-lain yang semua itu sebagai akibat pembangunan yang dilaksanakan  tidak secara terpadu antara satu sektor dengan sektor lainnya. Di samping itu izin pembangunan yang direkomendasikan Pemerintah Daerah sering tidak terpadu dengan peraturan daerah yang telah ditetapkan. Seperti daerah hijau (sebagai penyangga) diijinkan untuk daerah permukiman.

Pada umumnya penyimpangan terhadap rencana tata ruang kota justru berawal dari kebijaksanaan pemerintah. Hal ini berarti pemerintah daerah sebagai penanggung jawab rencana tata ruang kota dirasa kurang konsekuen dalam melaksanakan pembangunan kota. Sebagai penyebab utama kurang efektifnya rencana tata ruang kota (dengan indikator adanya berbagai penyimpangan) adalah selain kurang adanya koordinasi antar dinas/instansi, juga kurang dilibatkannya unsur masyarakat, sehingga aspirasi masyarakat kurang terakomodasikan di dalam rencana tata ruang kota.

Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Nasional, RTRW Propinsi dan RDTRK pada tingkat Kabupaten/Kota dan kawasan merupakan instrumen strategis pembangunan daerah, pedoman dan arahan bagi pelaku pembangunan, dan alat pengendali pembangunan yang berfungsi sebagai strategi meredam degradasi ekosistem. RTRW harus bersifat dinamis (dalam berbagai hal), memberi perhatian pada pemanfaatan ruang secara benar, konsisten, sesuai situasi, kondisi, dan potensi yang selalu berubah serta menuntut partisipasi aktif seluruh aktor pembangunan dalam proses penyusunannya. Dinamika RTRW bukan hanya dalam merefleksikan peluang investasi global. Proses penyusunannya harus dalam konteks sinergitas, kompetitif dan sustainaibilitas, karena pada dasarnya tidak ada kawasan yang murni otonom, antar kawasan saling tergantung. Filosofi dasar penyusunan RTRW perlu menekankan pada penyebaran pusat pertumbuhan, dan permukiman agar tidak terkonsentrasi di P. Jawa serta tidak mempenetrasi kawasan lindung karena fungsinya sebagai strategi meredam degradasai ekosistem.

About Subandi Bagelen
Lahir di Hargorojo, sebuah desa di daerah pegunungan tenggara Kota Purworejo. Buat yang mau kenal lebih jauh silahkan add di http://www.facebook.com/banditoz atau http://twitter.com/bandi_e

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: