Selamatkan Diri Kamu di Facebook

Siapa yang tidak kenal Facebook, Twitter atau Google ?

Mungkin kamu pernah googling (melakukan pencarian dengan mesin pencari Google) terhadap diri kamu sendiri?

Kalau kamu punya akun di Facebook atau Twitter, mungkin kamu akan menemukan diri kamu sendiri.

Pasalnya, situs media sosial tersebut juga diindeks oleh mesin pencari seperti Google, meskipun apa dan bagaimana data ditampilkan oleh Google bergantung dengan opsi serta fasilitas yang dimiliki situs media sosial bersangkutan.

Artinya, apapun yang kamu post di Facebook misalnya, update status, foto, komentar, dan lain-lain, akan bisa dilihat oleh semua pengguna internet dari seluruh penjuru dunia.

Dengan semakin banyaknya divisi HRD yang memanfaatkan Google untuk melakukan pencarian terhadap calon karyawannya, Kamu mungkin akan terekspos lebih banyak lagi meskipun padahal hal tertentu ingin kamu sembunyikan dari mereka. Lalu, bagaimana mengatasinya?

Facebook baru-baru ini melakukan perbaikan dari sisi privasi pengguna. Jika kamu ingin sedikit menutup diri dari dunia luar, atau orang lain yang tidak kamu kenal, coba ikuti langkah berikut:

  • Dari menu utama Facebook, klik Settings > Privacy Settings
  • Di menu Privacy Settings, klik ops Profile Information. Di sini Kamu bisa mengontrol siapa saja yang bisa melihat profil Kamu, menulis di Wall Kamu, dan sebagainya.
  • Pada opsi Contact Information, atur siapa yang bisa menghubungi Kamu lewat Facebook. Atur juga siapa yang bisa melihat alamat atau nomor telepon Kamu, atau siapa yang bisa menambahkan Kamu sebagai teman.
  • Di bagian Applications and Websites, kontrol informasi apa yang bisa digunakan oleh aplikasi-aplikasi di Facebook. Kamu juga bisa memblokir aplikasi tertentu bila Kamu merasa terganggu dengan aplikasi tersebut.
  • Pada opsi Search, Kamu bisa atur apa yang dimunculkan oleh Facebook saat ada pengguna internet yang melakukan pencarian terhadap Kamu.
  • Terakhir, di bagian Block List, Kamu bisa pilih orang-orang menyebalkan yang ingin Kamu hindari. Masukkan nama atau alamat email orang tersebut di Facebook.

Nah, kini dengan mengutak atik beberapa tip tersebut kamu bisa lebih bebas berekpresi.

Selamat mencoba……….

About Subandi Bagelen
Lahir di Hargorojo, sebuah desa di daerah pegunungan tenggara Kota Purworejo. Buat yang mau kenal lebih jauh silahkan add di http://www.facebook.com/banditoz atau http://twitter.com/bandi_e

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: