Cari Driver Hardware Dengan Unknow Device Identifier (UDI)

Kabar bagus buat kamu pemakai komputer dengan OS windows. Jika komputer kamu punya masalah dengan driver perangkat keras (hardware) yang tidak terdeteksi oleh sistem alias Unknow Device, maka kamu wajib untuk membaca postingan ini gan …….

Unknow Device menyebabkan perangkat kamu tidak bisa digunakan meski sudah terpasang dengan benar. Kalau kamu tau merek dan tipe hardwarenya, kamu bisa langsung mencari driver tersebut dari internet, tapi tentunya kamu harus membongkar untuk tau merknya. Repot gan……. tapi tunggu aku berikan solusinya, lanjut bacanya……….

Beberapa hal yang menyebabkan sebuah perangkat hardware (device) tidak berjalan semestinya, bisa karena:

  • Device tersebut engga punya (software) driver.
  • Driver yang engga sesuai dengan tipe hardware.
  • Driver sudah enga update, misalnya driver untuk Windows XP yang tidak lagi berjalan di Windows Vista atau Windows 7.
  • Device ID tidak dikenal karena tidak ada dalam database driver Windows.
  • Kesalahan hardware atau cacat dari pabrik.

Hardware yang tidak terdeteksi tersebut akan terlihat di daftar hardware di Device Manager Windows sebagai UNKNOWN DEVICE, yang ditandai dengan icon tanda seru berwarna kuning.

Sekarang kamu enga usah kuatir lagi, untuk mengatasinya bisa digunakan software/aplikasi yang akan mendeteksi hardware kamu. Yups…. pakai aja Unknown Device Identifier (UDI).

Unknown Device Identifier (UDI) bisa digunakan pada Windows 95, Windows 98, Windows 98SE, Windows Me, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Server 2008, Windows Vista, and Windows 7. Dan satu lagi gan selain bisa dipasang diberbagai OS windows tersebut, aplikasi ini juga freeware. So, apalagi gan …..

Software ini akan mengidentifikasi device yang tidak dikenal di Device Manager dan memberikan detail keterangan dengan cukup rinci seperti manufacturer name, OEM name, device type, device model dan juga bisa secara tepat menginformasikan nama dari sebuah unknown device.

Kini dengan data tersebut, kamu bisa mencari drivernya secara langsung ke vendornya atau mencarinya di internet dengan klik Find Driver atau bantuan om Google.

Untuk download Unknow Device Identifier (UDI) disini atau disini.

Selamat mencoba ……….

About Subandi Bagelen
Lahir di Hargorojo, sebuah desa di daerah pegunungan tenggara Kota Purworejo. Buat yang mau kenal lebih jauh silahkan add di http://www.facebook.com/banditoz atau http://twitter.com/bandi_e

One Response to Cari Driver Hardware Dengan Unknow Device Identifier (UDI)

  1. ikolamola says:

    thanks bro, mau di coba nih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: