Drama Para Politisi


Hai semuanya……

Sejak pertengahan tahun lalu atau bahkan awal tahun menjeleng pemilu, TV dan Koran dipenuhi oleh berita-berita politik yang sebenarnya aku sendiri enga ngerti maksudnya (enga tau kalau kamu ya. hehehehe….). Semua bilang atas nama rakyat, kepentingan rakyat, bangsa dan negara. Semua bilang harus sesuai hukum, tapi hukum yang mana ? rakyat yang mana ? Negara mana ? ruwet banget kayaknya.

Sekarang ibarat bak film yang New Realease adalah kisruh KPK VS Polri, disusul kisruh Ahok VS DPRD DKI. Semua saling lapor dan melaporkan, saling ancam, saling tuding, Enga tau mana yang fitnah mana yang jujur. Semua bilang ini untuk rakyat. Mungkin maksudnya untuk tontonan rakyat.

Karena semua berperan bak aktor film yang sedang berperan. Tapi karena film umumnya yang lebih terkenal adalah pemainnya bukan sutradaranya. Pertanyaannya siapa sutradara semua kisruh itu ?

Mumet tenan.

Kiriman Surat dari Anak yang di ABORSI


Apa kabar gan ? Postingan kali coba untuk copy dari tulisan Pak Rahardian di facebook dengan harapan tulisan ini bisa menjadi renungan bagi aku juga agan2 semua. Selamat membaca …

By. Rahardian Bp

Teruntuk Bundaku tersayang…

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarrakatuh

Dear Bunda…
Bagaimana kabar bunda hari ini ?
Smoga bunda baik-baik saja..,.nanda di sini juga baik-baik saja bunda… Allah sayang banget deh sama nanda. Allah juga yang menyuruh nanda menulis surat ini untuk bunda, sebagai bukti cinta nanda sama bunda….

Bunda, ingin sekali rasanya nanda menyapa perempuan yang telah merelakan rahimnya untuk nanda diami walaupun hanya sesaat…

Bunda, sebenarnya nanda ingin lebih lama nebeng di rahim bunda, ruang yang kata Allah paling kokoh dan paling aman di dunia ini, tapi rupanya bunda tidak menginginkan kehadiran nanda, jadi sebagai anak yang baik, nanda pun rela menukarkan kehidupan nanda demi kebahagiaan bunda. Walaupun dulu, waktu bunda meluruhkan nanda, sakit banget bunda….badan nanda rasanya seperti tercabik-cabik…, dan keluar bagai gumpalan darah yang menjijikan. Apalagi hati nanda, bunda, aduhh nyeri sekali, merasa seperti aib yang tidak dihargai dan tidak diinginkan.

Tapi gak usah kuatir bunda, nanda tidak kecewa kok bunda… karena dengan begitu, bunda telah mengantarkan nanda untuk bertemu dengan Allah. Bahkan nanda dirawat dengan penuh kasih sayang di dalam Syurga Nya.

Bunda, nanda mau cerita, dulu nanda pernah menangis dan bertanya kepada Allah, mengapa bunda meluruhkan nanda saat nanda masih berupa wujud yang belum sempurna dan membiarkan nanda sendirian di sini? Apa bunda tidak sayang sama nanda? Bunda tidak ingin mencium nanda? Atau jangan-jangan karena nanti nanda rewel dan suka mengompol sembarangan? Lalu Allah bilang, ‘bunda kamu malu sayang’… Kenapa bunda malu? karena ‘dia malu dan takut kamu dilahirkan sebagai anak haram’… Anak haram itu apa ya Allah? Anak haram itu anak yang dilahirkan tanpa Ayah… Nanda bingung dan bertanya lagi sama Allah, ya Allah, bukannya setiap anak itu pasti punya ayah dan ibu? Kecuali nabi Adam dan Isa? Allah yang Maha Tahu menjawab bahwa bunda dan ayah memproses nanda bukan dalam ikatan pernikahan yang syah dan Allah Ridhoi.

Nanda semakin bingung dan akhirnya nanda putuskan untuk diam.

Bunda, nanda malu terus-terusan nanya sama Allah, walaupun Allah selalu menjawab semua pertanyaan nanda tapi nanda mau nanyanya sama bunda aja, pernikahan itu apa sih? Kenapa bunda tidak menikah saja dengan ayah? Kenapa bunda membuat nanda jadi anak haram dan mengapa bunda mengusir nanda dari rahim bunda dan tidak memberi kesempatan nanda hidup di dunia dan berbakti kepada bunda? Hehe,,,maaf ya bunda, nanda bawel banget… nanti saja, nanda tanyakan bunda kalau kita sudah ketemu……….

Oh ya Bunda, suatu hari malaikat pernah mengajak jalan-jalan nanda ke tempat yang katanya bernama neraka. Tempat itu sangat menyeramkan dan sangat jauh berbeda dengan tempat tinggal nanda di syurga. Di situ banyak orang yang berteriak- teriak, dibakar pake api lho bunda…minumnya juga pake nanah dan makannya buah-buahan aneh, banyak durinya…yang paling parah, ada perempuan yang ditusuk dan dibakar kaya sate gitu, serem banget deh bunda.

Lagi ngeri-ngerinya nanda menyaksikan semua yang ada, tiba-tiba malaikat bilang sama nanda, Nak, kalau bunda dan ayahmu tidak bertobat kelak, disitulah tempatnya…disitulah orang yang berzina akan tinggal dan disiksa selamanya.
Seketika itu nanda menangis dan berteriak-teriak memohon agar bunda dan ayah jangan dimasukkan ke situ…. nanda sayang bunda… nanda kangen dan ingin bertemu bunda… nanda ingin merasakan lembutnya belaian tangan bunda dan nanda ingin kita tinggal bersama di syurga… nanda takut, bunda dan ayah kesakitan seperti orang-orang itu…

Lalu, dengan lembut malaikat berkata… nak,kata Allah kalau kamu sayang, mau bertemu dan ingin ayah bundamu tinggal di Syurga bersamamu, tulislah surat untuk mereka… sampaikan berita baik pada bunda dan Ayah, bahwa kamu tinggal di Syurga dan ingin mereka ikut, ajaklah mereka bertobat dan sampaikan juga kabar buruk, bahwa jika mereka tidak bertobat mereka akan disiksa di neraka seperti orang-orang itu.

Saat mendengar itu, segera saja nanda menulis surat ini untuk bunda, menurut nanda Allah itu baik banget bunda…. Allah akan memaafkan semua kesalahan makhluk Nya asal mereka mau bertobat nasuha… bunda tobat ya? Ajak ayah juga, nanti biar kita bisa kumpul bareng di sini… nanti nanda jemput bunda dan ayah di padang Mahsyar deh… nanda janji mau bawain minuman dan payung buat ayah dan bunda, soalnya kata Allah di sana panas banget bunda… antriannya juga panjang, semua orang sejak jaman nabi Adam kumpul disitu… tapi bunda jangan khawatir, Allah janji, walaupun rame kalo bunda dan ayah benar-benar bertobat, pasti nanda bisa ketemu kalian.

Bunda, kasih kesempatan buat nanda ya…. biar nanda bisa merasakan nikmatnya bertemu dan berbakti kepada orang tua, nanda juga mohon banget sama bunda…jangan sampai adik-adik nanda mengalami nasib yang sama dengan nanda, biarlah nanda saja yang merasakan sakitnya ketersia-siaan itu. Tolong ya bunda, kasih adik-adik kesempatan untuk hidup di dunia menemani dan merawat bunda saat bunda tua kelak.

Sudah dulu ya bunda… nanda mau main-main dulu di syurga….nanda selalu berdoa dan menunggu kedatangan ayah dan bunda di sini… nanda kangen banget sama bunda….muach !!!

Salam sayang,
Nanda

Gonjang Ganjing Bumi Ngayojokarto Hadiningkrat


Setajam tajamnya pedang masih lebih tajam lidah.

Begitulah pepatah bijak mengatakan, dan begitu pula yang saat ini terjadi dengan kontradiksi antara pemerintah pusat dengan masyarakat jogja yang simbolik dan kental tradisi Jawa. Atas nama demokrasi kehendak pemerintah pusat dipaksakan kepada masyarakt jogja yang sudah jauh lebih lama hidup dengan tradisi kratonnya daripada umur Republik ini.

Keistimewaan Jogja terletak pada sultannya. Dan karena kerendahan hati Sultan Hamengkubuwono IX lah Jogja siap bergabung dengan NKRI dan merelakan tanahnya sebagai cawan yang menumbuhkan NKRI yang baru merdeka. Jika waktu itu Sultan memilih merdeka pun bukan hal yang sulit, karena sebenarnya Jogja adalah sebuah negeri tersendiri pada waktu itu.

Tapi itulah simbolik Jawa yang santun. Dan Sidang rakyat kemarin (13 Desember 2010) di Jogja pun dapat berlangsung aman dan tertib tanpa konflik fisik. Inilah yang seharusnya dicontoh oleh kita semua. dan Pemerintah pun harus punya malu dengna Jogja karena sejarahnya.

Demokrasi hanyalah jalan untuk menuju kesejahteraan rakyat, dan bagaimana demokrasi akan dipaksakan bila rakyat itu sendiri tidak berkehendak ? jadi untuk apa demokrasi itu ?

Integrasi Huruf Jawa (Hanacaraka) ke Dalam Sistem Informasi Komputer


Usaha-usaha untuk mengintegrasikan aksara jawa ke sistem informasi elektronik telah dilakukan sejak 1983 oleh peneliti dari Universitas Leiden (dipimpin Willem van der Molen). Integrasi ini diperlukan agar setiap anggota aksara Jawa memiliki kode yang khas yang diakui di seluruh dunia. Jeroen Hellingman mengajukan proposal untuk mendaftarkan aksara ini ke Unicode pada pertengahan tahun 1993 dan Maret 1998. Selanjutnya, Jason Glavy membuat “font” aksara Jawa yang diedarkan secara bebas sejak 2002 dan mengajukan proposal pula ke Unicode.

Di Indonesia Yanis cahyono membuat font aksara jawa pada tahun 2001 yang diberi nama aljawi sekaligus software installernya,hampir bersamaan disusul Ermawan Pratomo membuat hanacaraka font pada tahun 2001, Teguh Budi Sayoga pada tahun 2004 telah pula membuat suatu font aksara Jawa untuk Windows (disebut “Hanacaraka”) berdasarkan ANSI. Matthew Arciniega membuat screen font untuk Mac pada tahun 1992 dan ia namakan “Surakarta”. Yang terbaru adalah yang digarap oleh Bayu Kusuma Purwanto (2006), yang dapat diekspor ke dalam html.

Baru sejak awal 2005 dilakukan usaha bertahap yang nyata untuk mengintegrasikan aksara Jawa ke dalam Unicode setelah Michael Everson membuat suatu code table sementara untuk didaftarkan. Kelambatan ini terjadi karena kurangnya dukungan dari masyarakat pengguna aksara ini. Baru semenjak masa ini mulai terhimpun dukungan dari masyarakat pengguna. Aksara Jawa Hanacaraka saat ini telah dirilis dalam Unicode versi 5.2 (tergabung dalam Amandemen 6) yang keluar pada tanggal 1 Oktober 2009. Alokasi Memori Aksara Jawa (Javanese) pada Unicode 5.2.0 adalah di alamat A980 sampai dengan A9DF.

Baca juga tentang tulisan jawa disini

Sumber : Wikipedia