Hanya sharing


♥ !
☺/ ¤Hєy ツ
/▌
/ \

Konco-konco, lama juga enga aktif ngeblog nih. Tapi begitu banyak kunjungan dan komentar yang masuk.

Terima kasih banyak buat yang sudah berkunjung dan memberikan apresiasinya, komentar, link share, maupun kritiknya.

Kritik agan-agan sangat bermanfaat untuk aku. Blog ini lebih banyak menulis tentang TI dan agan2 ketahui, perkembangan teknologi sekarang ini sangat masif dan cepat, baik hardware maupun software.

Untuk itu beberapa tulisan mungkin sudah kadaluwarsa alias sudah enga bisa lagi dipraktekkan. Oleh karena itu info dari sesama pengnjung dapat sangat bermanfaat dengan memberikan informasi terbaru melalui komentar.

Akhirnya berikan komentar yang bermanfaat dan gunakan bahasa yang sopan.

Mari yuk….

Advertisements

Cetak File PDF Secara Handouts / Multiple page Dengan Adobe Reader 9


Biasa mencetak file ppt atau power point secara handouts atau multiple pages ?

Handouts biasa dilakukan kalau aku lagi ngirit kertas gan. 2 atau 4 halaman power point bisa diprint di 1 lembar kertas A4. Irit kan daripada print per lembar ?

Nah cara tersebut juga bisa dilakukan pada file PDF. Kali ini aku posting cara tersebut gan dengan Adobe Reader 9.

1. Pastinya agan agan wajib buka dulu file pdf nya dengan adobe reader 9
2. Nah sekarang siapkan printer, dan klik File | Print atau klik ikon printer
3. Tentukan jenis ukuran kertas dibagian Properties


4. Sekarang bagian pentingnya gan, Pilih Page Scaling menjadi Multiple Pages Per Sheet
5. Tentukan jumlah halaman PDF yang akan dicetak di tiap lembar kertas di bagian Pages per sheet
6. Tentukan mode pencetakannya Horisontal atau vertical di bagian Page order
7. Setelah selesai klik Ok
8. Beres gan

Nah selamat mencoba

Konversi File Secara ONLINE


Sering kita memerlukan file dengan format yang beragam jenisnya. Terkadang, kita perlu mengubah format suatu file ke format lain. Misalnya, file dengan format .doc perlu kita ubah ke format .pdf. Memang ada banyak sekali software yang dapat membantu kita. Tapi yang jadi masalah adalah kalau kita perlu mengubahnya dengan cepat sedangkan kita tidak memiliki software untuk konversi dan kita juga tidak punya waktu banyak untuk mencari dan mendoenloadnya…….. berabe kan ?

Salusinya, kalau computer kita terkoneksi dengan internet kita bisa mengubah format suatu file hanya dengan menggunakan web browser saja, karena sekarang tersedia pengubah format file online, yaitu Zamzar.com. Website ini dapat membantu kita mengubah berbagai macam format file seperti .doc, .pdf, .rtf, .txt, .ppt, .html, .docx, dan masih banyak lagi. Selain file dokumen, website ini juga dapat membantu kita mengubah format untuk file image, seperti bmp, gif, ico, png, dan sebagainya. Website ini bahkan dapat membantu kita untuk mengubah format video ,audio, dan jenis compression.

Info selebihnya agan-agan mesti baca sendiri di websitenya.

Ok dan selamat mencoba.

Membuat Nomor Halaman Otomatis Untuk Tugas Akhir / Skripsi Di Ms. Word 2007


Biasanya dalam tugas akhir / skripsi segala pengaturan penulisan sudah ditentukan mulai dari margin, ukuran kertas, ukuruan font, jenis font dan lain sebagainya termasuk juga cara peletakan nomor halaman. Betul enga gan ? ente yang kuliahan ? Hahahaha…….

Penomoran halaman untuk halaman judul biasanya ada dibagian tengah bawah sedangkan untuk halaman berikutnya ada dipojok kanan atas. Nah gimana tuh bikinnya ? dengan cara manual memang bisa tapi lama banget (harus ngetik di tiap halaman) belum lagi kalau ada halamannya yang berubah, bertambah atau berkurang………… repot lagi kan ngeditnya……..

Solusinya bisa kamu lakukan dengan cara atomatis gan. Dengan fasilitas header / footer yang disediakan oleh Microsft Word. Untuk tips ini aku coba di Word 2007 untuk selain Word 2007 dicoba aja gan sendiri. Untuk Openoffice tunggu di postingan berikutnya aja. Sabar.

  1. Langkah pertama, silahkan buka halaman pertama dari halaman yang akan kamu beri nomor.
  2. Kemudian klik Menu Insert
  3. Klik Footer dan pilih Edit Footer
  4. Beri centang pada Different First Page (kalau enga muncul klik Header & Footer Tool)
  5. Klik Page Number
  6. Klik Bottom of Page trus klik Plain Number 2
  7. Sekarang geser tampilan word ke halaman kedua (bukan halaman judul)
  8. Tempatkan kursor di bagian header
  9. Klik Page Number
  10. Klik Top of Page trus klik Plain Number 3
  11. Klik Close Header & Footer (atau klik 2 kali dibagian tengah halaman)
  12. Selesai
  13. Selamat mencoba dan berikan komentar kamu gan.

Menentukan Page Margin di OpenOffice 3.2


Berbeda dengan Microsoft Word 2003 atau sebelumnya yang ada di Menu File | Page Setup atau di Menu Page Layout | Page Setup untuk Word 2007 / 2010, di Openoffice 3.2 aku sempat bingung juga nyarinya untuk mengatur Page Margin.

Ok gan………. dari pada disimpan di memori aku, mending aku share aja disini. Kali aja bisa bermanfaat.

Untuk mengatur Page Margin :

  1. Klik Format
  2. Kemudian Klik Page
  3. Nah disitu ada beberapa Tap, pilih Tab Page dan silahkan atur margin kamu gan.

Inilah postingan sederhana tapi kadang-kadang sangat diperlukan. Berikan komentar kamu gan disini.

Shortcut Di Windows 7


Hi gan, terima kasih atas kunjungan agan-agan semua ke blog aku ini. Semoga bisa semakin menyemarakkan dunia blogger, dunia menulis dan saling berbagi.

Di postingan kali ini aku postkan sedikit info untuk para pengguna windows 7. Mungkin bukan yang pertama tapi semoga semakin menambah informasi di mesin pencari dan mudah ditemukan.

Berikut daftar shortcut di windows itu gan :

Alt+P : Untuk menampikan atau menyembunyikan tampilan jendela Explorer
Windows Logo+G : Menampilkan gadget di muka windows-windows lainnya
Windows Logo++ (tombol plus) : Zoom in
Windows Logo+- (tombol minus) : Zoom out
Windows Logo+Up : Memperbesar ukuran window
Windows Logo+Down : Memperkecil ukuran window
Windows Logo+Left : Bergerak menuju sisi kiri layar
Windows Logo+Right : Bergerak menuju sisi kanan layar
Windows Logo+Home : Meminimize/merestore window lain kecuali yang sedang ditampilkan

Semoga bermanfaat.